Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Kamis, 08 Agustus 2019

Kerajinan Enceng Gondok, Mimpi Besarku selanjutnya.....


Sekilas kerajinan ini mirip dengan kerajinan rotan, tapi taukah anda jika semua kerajinan ini terbuat dari enceng gondok. Ya enceng gondok jika diolah akan menjadi barang berharga yang memiliki nilai ekonomis untuk masyarakat. 

Hingga saat ini, banyak daerah yang telah mampu mengembangkan kerajinan eceng gondok untuk pembuatan kerajinan tangan,  mebel bahkan furniture. Daerah yang sudah membudidayakan enceng gondok adalah Purbalingga, SUrabaya, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Bali. Bahkan  hasil kerajinan ini diekspor dengan model dan kualitas yang baik ke negara Eropa yang suka dengan barang-barang produksi berbahan alami (back to nature).

konon katanya pembuatan bahan eceng gondok ini dibutuhkan proses yang cukup lama. Eceng gondok terlebih dahulu dikeringkan sekitar dua minggu. Setelah mengering lalu dibentuk kepangan panjang,  Setelah berbentuk kepangan panjang, barulah eceng gondok tersebut dianyam menjadi barang yang diinginkan

Kedepannya saya bermimpi (boleh kan?) kelak saya ingin bisa mengolah enceng gondok dan mengajak masyarakat disekitar saya untuk mencari alternatif mata pencaharian melalui enceng gondok ini. Dan memiliki julukan Kampung Enceng Gondok.

Berawal dari mimpi, usaha dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar