Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Selasa, 20 Agustus 2019

Finalis Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019

Perpustakaan Nasional sebagai Instansi Pembina Pustakawan, berupaya meningkatkan kompetensi dan mengembangkan profesionalisme Pustakawan secara sistematis dan berkelanjutan, dengan menyelenggarakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional secara periodik. 

Apakah ini pertama kalinya Pegiat Literasi mendengar adanya lomba ini? Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik merupakan kompetisi tahunan yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Seleksi dilakukan dari tingkat provinsi, di mana Juara Pertama dari setiap Provinsi akan dikirim untuk pemilihan di tingkat nasional. Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional yang biasanya diadakan jelang perayaan ulang tahun Perpustakaan Nasional pada Gemilang Perpustakaan Nasional di bulan September.
Tujuan Kompetisi

Kompetisi ini diharapkan dapat memotivasi Pustakawan Indonesia untuk lebih bersemangat dalam bekerja dan berkarya. Pustakawan Berprestasi Terbaik juga disiapkan untuk ikut serta berkompetisi di tingkat regional, yaitu di Congress of Southeast Librarians (CONSAL).

Tujuan pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik adalah :

  1. Memberi penghargaan kepada para Pustakawan yang berprestasi terbaik.
  2. Mengembangkan profesionalisme Pustakawan Indonesia.
  3. Meningkatkan motivasi, inovasi, dan etos kerja Pustakawan.
  4. Menambah dan berbagi pengetahuan, keterampilan, dan wawasan di antara para peserta.
  5. Mendorong terjalinnya jaringan kerjasama jasa informasi perpustakaan yang kuat di antara para peserta.
  6. Mewujudkan citra Pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan.

Sasaran Kompetisi

  1. Tingkat Daerah/Provinsi : Terpilihnya Pustakawan Berprestasi Terbaik Peringkat I, II, III, dan Pustakawan Berprestasi Terbaik Peringkat Harapan I, II, III.
  2. Tingkat Nasional : Terpilihnya Pustakawan Berprestasi Terbaik Peringkat I, II, III, dan Pustakawan Berprestasi Terbaik Peringkat Harapan I, II, III.
  3. Tingkat Regional/Internasional : Terpilihnya Pustakawan Berprestasi Terbaik I yang akan mewakili Indonesia dalan Congress of Southeast Asian Librarians.
Alhamdulillah bisa mewakili Kalimantan Timur, meski hanya sebatas Finalis, pengalaman ini akan menjadi pengalman tak terlupakan bagi 29 finalis dari 29 Propinsi yang mengirimkan delegasinya ke tingkat Nasional.



Sebuah kiriman dibagikan oleh TBM Iqro 2 (@rachm4wati) pada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar