Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Minggu, 05 Mei 2019

Kreatifitas Literasi Keluarga di Era Milenial, Ala TBM Iqro, Lempake


Keprihatinan banyak orang tua atau orang dewasa yang menemani anak-anak di sekolah maupun di rumah adalah tentang masuknya budaya-budaya asing dari luar Indonesia yang kemudian mewarnai setiap kegiatan tindakan dan sikap anak-anak bangsa. 

Dengan keprihatinan itu maka hadirlah sebuah wacana untuk mengembangkan penguatan pendidikan karakter tentang nasionalisme bangsa, dimana anak-anak Indonesia harus mempunyai kemampuan literasi budaya sebagai cermin kelakuan dan sikapyang menunjukkan diri sebagai anak Indonesia. 

Oleh karenanya, TBM Iqro menjalankan program untuk meningkatkan budaya baca, membangun karakter-karakter baik untuk meningkatkan kecintaan tanah air anak-anak di lingkungan TBM Iqro dengan berbagai strategi. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan untuk membangun literasi baca tulis, yang menjadi pijakan dalam mengembangkan literasi budaya dan kewarganegaraan, literasi digital dan literasi finansial.

Melihat fenomena diatas, meningkatkan budaya membaca merupakan sebuah ladang besar bagi komunitas pendidikan di masyarakat untuk membangun kesadaran membaca lebih banyak, lebih bermutu dan berkesinambungan.

Kehadiran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di perkampungan, kompleks perumahan dan wilayah masyarakat lainnya merupakan sebuah proses awal untuk membina masyarakat agar menyukai kegiatan membaca. Membaca dapat dikatakan sebuah budaya, apabila kegiatan membaca sudah dilakukan oleh masyarakat karena faktor kebutuhan, dilakukan secara sukarela dan berlangsung secara berkesinambungan. Budaya membaca tidak terbentuk dengan proses yang serba instan. Setelah membudaya, kebiasaan dan keterampilan membaca akan menggiring manusia pada perbaikan akhlak dan konsep diri (Butler, 1995:121).

Pengelola Taman Bacaan Masyarakat(TBM)Iqro memahami benar tentang minat membaca yang masih rendah. Karenanya pengelola TBM Iqro melakukan berbagai kegiatan dan inovasi yang kreatif yang dimaksudkan agar masyarakat di sekitar TBM Iqro bersedia untuk datang ke TBM Iqro dan menjadi bagian dari gerakan budaya membaca.

Sumber Tulisan : 
Naskah Utama Karya Nyata Rachmawati, Lomba Dimas Berprestasi dan berdedikasi tinggi tahun 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar