Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Senin, 02 Desember 2019

Belajar Alat Musik Sape' Pada Acara Borneo Sape' Camp Festival di Taman Borneo



Kak Kiki dan Kak Nando
Hari ini kami mengikuti kegiatan kelas memainkan alat musik Sape' bersama beberapa seniman musik Sape' diantaranya Kak Asfi, Kak Kiki, dfan Kak Nando. Lagu yang kami pelajari hari ini adalah Lagu "Datun Julud".  

Sebelum belajar memainkan langsung alat musik Sape' semua peserta diberi penjelasan tentang Sape' mulai dari bahan kayu yang digunakan hingga bahan senarnya. Ada beberapa jenis kayu yang digunakan sebagai bahan utama pada alat musik ini yaitu kayu Arau, pelantan, Jelutung. 

String pada sape' juga bervariasi, ada yang 3, empat dan 6. menurut kak Asfi biasanya untuk yang senar 3 sering digunakan untuk ritual adat belian karena mengandung kekuatan magis didalamnya, sedangkan yang String 4, digunakan untuk mengiringi para penari. seiring perkembangan jaman, string pada sape' dibuat menjadi 6, untuk menghasilkan nada atau instrumen kekinian yang bertujuan agar generasi dimasa yang akan datang tetap mengenal sape' sebagai bagian dari budaya. bahan untuk senar juga bervariasi ada yang menggunakan senar gitar dan ada juga yang menggunakan tali copling vespa. biasanya yang menggunakan tali copling vespa jika sape' tersebut berukuran panjang.

Kak Asfi
Setelah menjelaskan panjang lebar mengenai alat musik Sape' kak Asfi menugaskan tiap kelompok untuk menhafalkan not lagu "Datun Julud" yaitu :

561 11 2355 321 2165     (2x)
565 3 33 532 1212 31 21 65   (2x)

#LiterasiBudaya
#LiterasiAnak
#LiterasiAjarkanku


Tidak ada komentar:

Posting Komentar