Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Kamis, 24 Oktober 2019

Diklat Instruktur Literasi Hari Kedua

Diklat Instruktur Literasi Hari Kedua kembali kami jalani, dengan Pemateri :
  1. Yudianti Herawati, M.A : Praktek Menulis Fiksi Mini
  2. Heri Sucipto, M.Pd : Strategi Literasi Baca Tulis, Meringkas menulis ulang dan mengonversi Teks, Praktik Mengonversi Teks
  3. Rahmat Azazi Rhomantoro, S.Ps.I, M.Pd. : Gerakan Literasi Pemuda Milenial
Bagi saya semua materi disampaikan ddengan baik. dan dari ketiga materi diatas, hal yangpaling saya sukai adalah "Gerakan Literasi Pemuda Milenial", alasan utama saya menyenangi ini karena di TBM kami pendekatan yang dilakukan agar anak-anak mau membaca buku adalah Literasi Budaya. di Samarinda pendekatan ini mungkin adalah pendekatan yang belum pernah dilakukan oleh TBM di Samarinda. 

Jika sebagian orang bertanya mengapa harus Literasi Budaya yang menjadi jarkon, jawabnya karena anak-anak disekitar tempat tinggal saya lebih mengenal Black Pink dibandingkan tarian budaya tempat mereka dilahirkan. Meski anak-anak dilingkungan Lempake mayoritas berasal dari keturunan warga Transmigrasi yang berasal dari pulau jawa, saya menginginkan mereka juga bisa mengenal bdaya tempat mereka sekarang ini lahir dan dibesarkan yaitu bumi Kalimantan.

Alhamdulillah, saat ini antusias anak-anak terlibat langsung sebagai penari pada TBM sangat menggembirakan. kewajiban membaca sebelum berlatih tari juga sudah mereka patuhi. yang menjadi mimpi selanjutnya adalah TBM dapat menggandeng anak-anak putra untuk bergabung dan mengenal budaya daerah melalui alat musik dan tari daerah dapat terwujud. semoga Mas Azazi  kelak mau berbagi ilmu seninya kepada anak-anak TBM Iqro.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar