Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Rabu, 15 November 2023

Narasumber Melestarikan Kebudayaan Mengasah Bakat Diri

Alhamdulillah bunda Rahma mendapat kepercayaan menjadi narasumber pada kegiatan kebudayaan Workshop Wastra yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIV Kalimantan Timur di Hotel Ibis. Yang diikuti sebanyak 6 sekolah SMA/SMK yang berada di kota Samarinda dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang. Bertindak selaku MC kak Agnes dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIV Kalimantan Timur.

Bunda rachma memberikan materi seputar kebudayaan indonesia dan bagaimana cara melestarikannya. Anak-anak tertegun saat bunda Rachma menyampaikan bahwa ada 14 item budaya indonesia yang nyaris diakui oleh negara lain diantaranya: Batik, Sasando, Angklung, Kuda Lumping, Reog. Silat, Tari Pendet, Tari Piring, Tari Tor-tor, Wayang, Kopi Gayo, Kopi Torabika, dan Rendang.

Malam ini sebanyak 6 kelompok diberi tugas membuat konten budaya selama 5 menit diantaranya : Tarian Tradisional, Makanan Tradisional, Tradisi Naik Ayun, Musik Tradisional, Wastra dan Tempat Wisata. Dalam waktu 25 menit semua kelompok dapat merampungkan tugas membuat konten menggunakan gawai masing-masing. Videonya juga bagus dan unik. Kreativitas mereka sangat tinggi. Secara tak lamgsung mereka mulai menyadari potensi diri mereka, ada yang berbakat menjadi Reporter, kameramen, tim kreatif dan sutradara.

Harapan Balai melalui Diklat ini anak-anak dapat melestarikan budaya Indonesia melalui konten untuk disebarkan luaskan secara luas melalui sarana digital. 

Hari ini semua anak senang, semua anak bahagia. Jadilah pelestari budaya kini dan nanti.

Terpilih 3 juara konten diantanya :

1. SMKN 3 konten Tari Tradisional

2. SMAN 3 konten Wastra Kalimantan

3. SMKN 11 Konten Tradisi Naik Ayun.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar