Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Jumat, 22 September 2023

Wisata Literasi Ke Kota Tua Jakarta


Keseruan saat mengikuti wisata Literasi membawa kesan tersendiri bagi penulis. Ketika acara jelajah literasi di Kota Tua banyak cerita yang bisa ditulis. Melihat gedung-gedung bersejarah nampak seperti bangunan lama peninggalan kolonial Belanda.

Salah satunya adalah Museum Fatahillah, gedung megah penuh dengan cerita sejarah, yang berdiri kokoh dengan warna putih, pelataran yang luas dan gedung ini berada tepat di tengan obyek wisata kota tua. Sangat disayangkan ketika penulis berkunjung ke tempat tersebut sudah melebihi jam operasional sehingga tidak bisa menyusuri ruang-ruang yang ada di dalam gedung tersebut.

Museum ini dulunya merupakan gedung balai kota yang juga sekaligus sebagai ruang pengandilan. Bahkan ada juga penjara bawah tanah. Karena itulah masih banyak barang-barang peninggalan dari zaman Belanda yang terdapat di dalam Museum Fatahillah.

Dulunya museum Fatahillah lebih terkenal disebut dengan Museum Batavia pada zaman penjajahan VOC. Jangan sampai melewatkan kunjungan ke salah satu wisata kota tua Jakarta paling ikonik ini.

Beberapa musim terdapat di lokai kota tua diantaranya:

1. Museum Bank Indonesia merupakan salah satu dari museum yang berada di kota tua, berada tak jauh dari Museum Fatahillah. Memandang gedung ini juga memiliki bangunan yang tak kalah megahnya. Gedung yang memancarkan nilai sejarah yang begitu panjang dan cerita menarik. Museum Bank Indonesia adalah gedung yang memiliki gaya khas kolonial Belanda yang akan sangat sayang untuk dilewatkan bila berkunjung ke wisata kota tua Jakarta. museum yang sudah berdiri sejak tahun 1828 ini merupakan peninggalan dari De Javasche Bank.

Museum Bank Indonesia merupakan tempat dimana kamu bisa melihat berbagai informasi tentang perkembangan dunia perbankan Indonesia bahkan sebelum Belanda dan Jepang datang. Kamu bisa berkeliling melihat hal-hal bersejarah dan berfoto di Museum Bank Indonesia ini.

2. Museum Seni Rupa yang lokasinya bersebelahan dengan Museum Fatahillah. Konon menurut cerita museum ini pada masa kolonial Belanda difungsikan sebagai Kantor Pengadilan, pernah menjadi kantor Wali Kota Jakarta Barat pada 1970-1973, dan pada akhirnya resmi menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik hingga saat

3. Museum Wayang yang berada berseberangan dengan Museum Seni Rupa. Di depan museum ini biasanya digelar pertunjukan musik untuk menghibur para pengunjung kota tua. Di museum ini banyak terdapat koleksi berbagai jenis dn bentuk wayang asli nusantara dan berbagai negara lain.

Meski hari ini kami swmua gak sempat maauk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar