Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Senin, 16 Maret 2020

Workshop Mengubah Jelantah Menjadi Sabun


Workshop mengubah jelantah jadi sabun. Mau tau keseruannya?. Yuk ikuti workshopnya bersama Mahasiswa KKN Unmul

Minyak goreng bekas atau jelantah bisa mencemari lingkungan jika dibuang sembarangan
Selain jadi biodiesel, jelantah juga bisa bertransformasi jadi bahan pembersih


Setiap rumah pasti memproduksi minyak jelantah, jika pernah menggoreng. Ke mana jelantah itu? Jika dibuang ke saluran air atau selokan, akan berisiko mencemari tanah dan air.

Secara ringkas, bahan yang digunakan adalah Natrium Hidroksida (NaOH) atau lebih dikenal dengan soda api dicampur air kemudian tunggu agar panasnya menguap. Ini adalah bahan alkali, material utama membuat sabun.

Di wadah lain, minyak jelantah yang sudah disaring. Ini adalah asam lemaknya. Bisa juga menggunakan lemak nabati lain seperti minyak kelapa atau zaitun.

Bahan alkali dan asam lemak dicampur, diaduk perlahan sampai mengental. Bisa menggunakan pengaduk manual atau mesin asal kecepatannya rendah. Makin rata makin baik, sehingga tak menggumpal.

Ini disebut proses saponifikasi, suatu proses di mana asam lemak direaksikan dengan natrium atau kalium hidroksida untuk menghasilkan garam asam lemak atau sabun. Ketika menggunakan NaOH maka akan menghasilkan sabun padat. Jika menggunakan kalium hidroksida (KOH) maka akan menghasilkan sabun lembut, dilarutkan ke dalam air menjadi sabun cair.

 Sumber : "https://mongabay.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar