Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Thursday, May 3, 2018

Dapat Piala bertuliskan "Iqro" di Tour Gempa Literasi Gol A Gong


Kamis, 04 Mei 2018, Bertempat di ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kalimantan Timur, berlangsung kegiatan Workshop Picturial Book yang merupakan bagian dari Tour "Gempa Literasi Borneo", bersama pendiri Rumah Dunia "Gol A Gong" bekerjasama dengan Himpaudi Provinsi Kalimantan Timur dan Komunitas Macan Dahan pimpinan Bapak Ali Sadli.

Tentang Gempa Literasi

Kegiatan-kegiatan Gempa Literasi Borneo yang diusung oleh Gola Gong meliputi : Pelatihan, dan Diskusi Sastra dan komunitas literasi

Pada kesempatan ini Pak Gong membagikan ilmu membuat buku berbahan kardus bekas, dengan tiga tema yaitu :
1. Permainan Harta Karun,
2. Alat Peraga Mendongeng, dan
3. Buku Cerita Bergambar.

Seluruh tema boleh mengangkat hal apa saja untuk mengenalkan Anak usia dini memahami lingkungan, benda dan hal lainnya berdasarkan imajinasi guru.

Kami mendapat tugas membuat alat peraga mendongeng. Judul buku Alat Peraga Dongeng saya beri judul "Taman Ceria", kisah yang saya sampaikan adalah, dua orang anak yang sedang bermain di sebuah taman ceria, dan saat sore menjelang mereka bergegas pulang karena hari sudah sore. pesan moralnya adalah anak-anak bisa mengingat batas waktu bermain.

Konsep alat peraga dongeng saya buat seperti kartu pop up, saat alat peraga di buka, pohon, tiang bendera dan taman akan berdiri, sedangkan anak yang sedang bermain ditaman dapat digerakkan ke kanan dan kekiri dari belakang, dengan menggunakan tusuk gigi, dan saat anak-anak meninggalkan taman, akan hilang dibalik pepohonan,  demikian halnya dengan matahari yang dapat di gerakkan pada posisi siang hari dan akan sembunyi dibalik pohon saat sore menjelang. Ayunan atau play ground juga bisa digerakkan.

Alhamdulillah, Piala yang bertuliskan Iqro Akhirnya menghiasi TBM ku yang juga kebetulan bernama Iqro. Semoga hal ini sebagai langkah pembuka ide kretif dan inovatif lainnya. bagai juga sebagai langkah awal untuk meraih pretasi dimasa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment