Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Rabu, 25 Oktober 2023

Terbit Kaltim Post edisi Rabu, 25 Oktober 2023

PENGHARGAAN itu sangat istimewa. Karena Rachmawati adalah satu-satunya pemenang yang mewakili wilayah Bumi Etam. Dia menerima penghargaan itu dalam acara Malam Gemilang Perpustakaan 2023 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain menjabat kepala perpustakaan di SMP Fastabiqul Khairat Samarinda, Rachmawati telah menciptakan sebuah taman bacaan di rumahnya. Dia telah mengubah teras rumahnya menjadi sebuah taman bacaan untuk anak-anak di sekitar lingkungan kediamannya.

Dia bercerita, ketika dia mendaftar untuk penghargaan itu, dia telah menyusun sebuah opini dan evaluasi mengenai Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Tanpa diduga, salah satu perwakilan dari instansi terkait mengundangnya untuk hadir dalam acara puncak di Jakarta. Mengingat dia telah mengumpulkan opini tersebut dari empat bulan lamanya. Sebelumnya, dia berhasil meraih juara pertama tingkat Kaltim, dengan hadiah kunjungan ke Perpustakaan Nasional September lalu. “Saya kaget karena tiba-tiba dipanggil kembali ke Jakarta untuk menerima penghargaan tersebut. Padahal, saya baru saja kembali dari sana, dan awalnya niat saya agar masuk sebagai finalis saja, mengingat tingginya persaingan tingkat nasional,” ungkapnya.

Selain itu, konsistensinya dalam membuat opini di blogspot TBM Iqro adalah salah satu faktor pendukung kemenangannya dalam penghargaan tersebut. Dia rutin membagikan berbagai kegiatan yang dilakukannya. Mulai mengadakan pelatihan, mewarnai, bedah buku, menari, hingga karya anak-anak yang mengikuti TBM miliknya. “Berharapnya agar tahun depan tingkat partisipasi dari Kaltim untuk dunia literasi meningkat, serta dukungan dari pemerintah juga penting,” tegasnya.

Selain memenangkan penghargaan tersebut, Rachmawati kerap mengikuti perlombaan lainnya, yaitu juara dua lomba film pendek tingkat Kaltim, juara tiga lomba puisi online tingkat kota, penerima apresiasi keaksaraan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi 2021, finalis pustakawan berprestasi dari Perpusnas 2019, dan sederet prestasi lainnya. (dra/k8)


BUNGA MEILINIA SAFIRA (bungameilinia14@gmai.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar