Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Kamis, 15 Juni 2023

Undangan Kunjungan Kerja PANJA Peningkatan Literasi dan Tenaga Perpustakaan (PLTP) Komisi X DPR RI


Bertempat di Ruang Aula Dinas Perpustakaan Kota Samarinda, Undangan Kunjungan Kerja PANJA Peningkatan Literasi dan Tenaga Perpustakaan (PLTP) Komisi X DPR RI ibu Dr. Ir. Hetifa Sjaifuddin, MPP bersama Bapak Teguh Purwanto Kepala Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur Bapak Taufik, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Bapak H. Erham Yusuf, M.Pd, perwakilan perpustakaan kampus, perwakilan pustakawan dan kepala sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMA sederajst, perwakilan pengurus/pengelola komunitas perpustakaan masyarakat, perpustakaan desa, pegiat literasi serta para stakeholder bidang perpustakaan yang ada di Kota Samarinda.

Pada kesempatan ini Bapak Teguh Purwanto menyampaikan bahwa pusdiklat akan mengadakan  pelatihan secara online. Ada 2 jenis pelatihan, 
  1. Pelatihan pengenalan (untuk perpustakaan sekolah, desa, dsb, dan tbm, bisa ikut) dilaksanakan dalam 5 hari. 
  2. Pelatihan pengenalan. bisa untuk kepala perpustakaan sekolah, blendid (online offline), nanti akomodasi ditanggung tapi transportasi tidak.
Menurut Ibu Hetifah Indikator Tingkat Gemar Membaca (TGM) yang diinisiasi Perpustakaan Nasional (perpusnas) memiliki 5 aspek Diantaranya adalah frekuensi membaca, durasi membaca, jumlah buku, frekuensi akses internet, dan durasi penggunaan internet. Oleh karenanya pemerintah terus melakukan pembenahan, Tidak hanya pembenahan infrastruktur serta inovasi penambahan akses literasi, Pemerintah juga giat mendorong digitalisasi dalam aspek literasi.

Hadir mewakili TBM Iqro Bunda Fatmawaty dan kak Alma Fadilla Putri, dokumentasi oleh bunda Fatmawaty















Tidak ada komentar:

Posting Komentar