Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Minggu, 05 Juli 2020

Jalan-Jalan ke Industri Rumahan Pengolahan Gula Aren

Jalan-jalan kita kali ini adalah gowes menuju Industri Rumahan Pengolahan Gula Aren yang terletak di Muang Ilir, Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, milik ibu Norma. 

Adapun proses pembuatan gula merah adalah sebagai berikut, air nira yang telah dipanen akan langsung dimasak dalam sebuah kuali/wajan besar. Jika wajan sudah penuh maka nira akan dimasak hingga mengental menjadi karamel. Lama pemasakan sekitar 4-5 jam, tergantung bentuk tungku, dan besarnya api. Tungku dibuat dengan bentuk standar hemat bahan bakar menggunakan kayu bakar, wadah masak menggunakan kuali/wajan karena permukaannya paling luas, sehingga proses pemasakan hingga menjadi karamel lebih cepat. 
Nira dimasak dengan api yang sedang saja besarnya, sesekali diaduk dan buih yang keluar saat nira sudah mendidih dibuang. Membuang buih rebusan nira akan membuat gula bisa padat dan cepat beku saat melalui proses cetak. Selain itu, pembuangan buih akan membuat warna gula tidak menghitam. 
Menurut ibu Norma gula yang diproduksi beliau setiap hari dan sudah memiliki pembeli/langganan yang datang langsung mengambilnya kerumah. 

Alhamdulillah hari ini bertambah lagi satu pengetahuan anak2. Bahwa alam dan hasil bumi kita yang beraneka ragam. Dapat memenuhi kebutuhan ummat manusia dimuka bumi ini. Tinggal bagaimana kita berusaha dan menjemputnya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar