Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Saturday, February 3, 2018

Mendampingi 6 anak Mengikuti Lomba Dongeng


Hari ini mendampingi 6 siswa mengikuti kegiatan lomba Dongeng yang diselenggarakan oleh Kampung dongeng Etam, bertempat di Samarinda Square, sabtu, 03-02-2018. Meski tak meraih kemenangan. Semangat dan keberanian mereka patut diapresiasi. Berani tampil sudah menjadi point terpenting pada mereka. Terima kasih buat para bunda yang sudah mensupport ananda untuk kegiatan hari ini.

Beberapa manfaat yang dapat orangtua petik saat ikut lomba:
1. Anak Bersosialisasi dan mengenal lingkungan baru.
Saat lomba, anak akan mengenal lingkungan baru, bersosialisasi dan interaksi, bertemu dengan orang baru, baik sesama kawan seumuran maupun yang lainnya.

2. Melatih kepercayaan diri anak.
Anak mendapat kesempatan menunjukkan kebolehannya yang selama ini hanya ia tunjukkan kepada orang-orang terdekat. Ini sekaligus mengasah kepercayaan dirinya di ajang lomba.

3. Melatih keberanian anak untuk tampil.
Dengan berlimba anak akan tertantang untuk berani tampil di hadapan orang banyak saat lomba, hal ini sangat bermanfaat untuk sosialisasinya kelak.

4. Menjalin kedekatan.
Jangan salah, ikut lomba apapun itu, dapat meningkatkan kedekatan anak dengan orangtuanya. Pasalnya, saat mengikuti acara lomba, otomatis waktu diisi dengan kegiatan bersama-sama, bahkan ada kerja sama, misalnya ketika ikut lomba anak bersama orangtua akan saling membantu untuk mempersiapkan kebutuhan lomba dan orang tua sebagai penyemangat dan pembimbing anak.

Yang terpenting dari ikut lomba adalah partisipasi anak serta untuk mengetahui sejauh mana kemampuannya dan pencapaian dalam menumbuhkan kepercayaan diri. Dengan demikian, tujuan menang lomba atau mendapat hadiah sebaiknya tidak menjadi prioritas. Perlu dipahami, anak yang tidak menang bukan berarti tidak cerdas, dan tidak cakap. Penilaian dari dewan juri tentu beragam faktor. Jadi, orangtua yang anaknya kalah, sebaiknya tak perlu kecewa. 
Mengingat banyak manfaat ikut lomba, tidak salah bila orangtua sesekali mengajak anak-anak untuk ikut serta. Kalaupun mendapat juara, manfatnya akan bertambah untuk kehidupannya kelak.

No comments:

Post a Comment