Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Thursday, November 2, 2017

Talk Show Festival Pusbi Bersama Andrea Hirata

Kamis, 02 November 2017, bertempat dia Aula Serba guna Bank Indonesia Cabang Samarinda, berlangsung kegiatan Talk Show pada Festival Perpustakaan Bank Indonesia (PUSBI), yang bertajuk "Menggapai Mimpi Lewat Perpustakaan". Kegiatan Talk Show dihadiri oleh Ratusan tamu undangan yang terdiri dari Kalangan Pengajar, Pustakawan, Mahasiswa dan Pelajar. hadir sebagai pemateri Talk Show adalah Penulis Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata.

Pada sambutannya Pejabat Sementara Kepala KPw-BI Kaltim, Ibu Sithowati Sandrarini. saat membuka kegiatan Festival PusBi mengatakan,  Dukungan BI untuk meningkatkan minat baca sangatlah besar, meski fokus di dunia moneter, Bank Indonesia tetap berupaya mendorong budaya literasi. Khususnya di kalangan anak muda yaitu pelajar dan Mahasiswa. yaitu dengan terselenggaranya Festival PusBi ini. selain itu di tiap kantor perwakilan Bank Indonesia memiliki perpustakaan, dan saat ini BI Corner didirikan di beberapa universitas. Semua langkah nyata kami membantu agar masyarakat Indonesia melalui generasi muda, tercipta Budaya gemar membaca,” jelasnya.
Pada Festival PusBi, Andrea Hirata berbagi pengalaman hidup yang menginspirasinya menjadi seorang penulis terkenal. Hidup dari keluarga sederhana dan penuh keterbatasan, justru mengobarkan semangatnya untuk maju. "Ada orang yang enggan berlari karena menunggu semua sempurna. Ada pula yang tak ragu berlari meski penuh dengan kekurangan", Ucapnya. Andrea Hirata yang telah menulis sepuluh judul buku ini mengatakan, saat ini banyak kemudahan yang ditawarkan dalam dunia literasi, membaca buku pun saat ini cukup di genggaman ponsel pintar. Namun, dia menyayangkan, minat baca masyarakat di Indonesia belum terlalu menggembirakan.

Hadir mengisi acara pada kesempatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur, Bapak Prof. Arswindo, yang mengenalkan Aplikasi iKaltim yang dapat di download gratis melalui Play Store, dengan berbagai fitur yang disediakan diantaranya dapat meminjam ratusan ribu koleksi buku yang tersedia. di Benua Etam ini masyarakatnya hanya memiliki waktu membaca kurang dari dua jam. Pengeluaran untuk membeli buku per orang, jika dirata-ratakan masih kurang dari Rp 150 ribu. Inilah alasan dia mengembangkan aplikasi semacam ini agar tak ada lagi alasan masyarakat untuk malas membaca. 

Bertemu teman-teman pengurus GPMB

Rak Koleksi Buku Andrea Hirata
Souvenir PUSBI



#LiterasiIndonesia
#PerpustakaanBI
#Pusbi

No comments:

Post a Comment