Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Sabtu, 27 Juni 2020

Jalan-jalan Ke Industri Rumahan Kolang-Kaling


Lempake memiliki beragam kegiatan rumahan untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan hasil bumi dan tanaman yang banyak tumbuh di wilayah ini. Salah satu diantaranya yang berasal dari pohon Aren, yaitu buah aren yang diolah menjadi kolang kaling. Kolang-kaling adalah daging buah aren yang berbentuk lonjong, berwarna putih bening, dan terasa kenyal saat dikunyah. Kolang kaling biasanya diolah jadi es campur, kolak, atau manisan. Dihidangkan saat berbuka puasa

Untuk membuat kolang-kaling, biji buah dibelah dengan alat khusus yang terbuat dari parang, kemudian isi buah aren dicungkil menggunakan alat khusus yang dibuat dari ujung sendok. dan kolang kaling siap untuk direbus. proses perebusan berlangsung selama 2-3 jam agar kolang kaling menjadi lunak. setelah direbus kolang kaling kemudian direndam dengan air kapur dan kolang kaling siap dipasarkan.

Menurut orang tua jaman dulu kolang kaling memiliki kandungan kalsium yang tingi sehingga dapat memperkuat tulang. juga memiliki serat yang kasar untuk melancarkan pencernaan, sehingga bisa terbebas dari sembelit.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar