Proposal penelitian ini dimulai dengan mengungkapkan pentingnya penguatan peran perpustakaan sekolah dalam penguatan indeks literasi, untuk membentuk pustakawan professional yang memiliki kompetensi dalam kajian kepustakawanan dan karya tulis ilmiah. Sehingga tercapai tujuan proposal penguatan peran perpustakaan sekolah dalam penguatan indeks literasi dilingkungan sekolah. Dari kajian ini dapat dipahami bahwa tingkat aktivitas literasi pelajar kita masih tergolong rendah. Melalui empat dimensi yang menjadi tolok ukur, yaitu dimensi kecakapan, dimensi akses, dimensi alternatif, serta dimensi budaya terlihat bahwa hanya pada dimensi kecakapan saja masyarakat kita sudah cukup baik, sementara di tiga dimensi lainnya masih perlu didorong kemajuannya. Gerakan Literasi Sekolah (GLS), perlu di galakkan serta dijalankannya beberapa program literasi lainnya untuk mendorong aktifnya gerakan literasi di sekolah. Gerakan ini diharapkan mampu memberikan pijakan bagi warga sekolah dari jajaran manajemeen sampai pada guru sebagai ujung tombak terdepan demi mewujudkan civitas sekolah yang literat. Mengintegrasikan pendekatan literasi dilingkungan sekolah merupakan salah satu cara untuk menyiapkan generasi masa depan yang literat dan mampu menghadapi kemajuan zaman. Proposal ini juga memberikan kajian teori yang mendukung rangkaian kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran yag terintegrasi dengan kegiatan literasi untuk mencapai tujuan penelitian. Diharapkan penelitian ini nantinya akan menjadi salah satu rujukan bagi sekolah-sekolah dengan visi menciptakan masyarakat cerdas yang literat.
Kata
kunci : Literasi :
Indeks Literasi : Gerakan Literasi Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar