Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kotak Penelusuran

Minggu, 02 April 2017

Juara 1, Membuat Alat Peraga Edukasi, oleh Yayasan Az-Zukruf

Alhamdulillah Pustakawan Bunga Bangsa meraih juara 1 lomba Alat Peraga Edukatif. yang diselenggarakan oleh Yayasan Az-Zukruf bertempat di Aula Kantor Kecamatan Samarinda Utara. Sabtu, 01 April 2017, Semoga bisa menjadi motivasi buat yang lainnya.
Judul APE : "Taman Pintar"

Bahan :
- Kardus bekas TV
- Kertas cover bekas
- Tutup Botol minuman kemasan
- Sedotan
- Sendok plastik jelly
- gelas plastik bekas
- Botol Aqua
- Stick Es Krim
- Kertas Origami
- kacang hijau

Alat : gunting, lem uhu, tip ex, spidol hitam, double tip
Durasi : 1 jam

Bagaimana cara membuatnya?
Menempel dus bagian belakang dengan kertas karton manila menggunakan lem Double tip
Menempel material taman :

1. Kolam, rumput, burung enggang, orang hutan, yang terbuat dari kertas cover bekas yang sudh di cetak
2. Menempel biji kajang hijau sebagai daun pepohonan
3. Menempel kertas sampul coklat sebagai batang pohon
4. Menempel tutup botol yang telah dibuat kumbang, burung, dan lebah
5. Menempel Sendok bekas jelly yang dibuat bentuk capung
6. Menempel gelas plastik bekas sirup sebagai tempat sedotan untuk berhitung
7. menempel stik es krim yg berfungsi sebagi operasi penjumlahan
8. menempel sedotan yang sudah dibuat bunga pada dedaunan semak rumput
9. menempel kubus yang terbuat dari kertas origami

Bagaimana cara bermainnya?

Guru bercerita tentang situasi dan obrolan di taman pintar dengan tokoh yang sudah dibuat seperti wayang
Anak juga disuruh menyebutkan warna yang ada di taman pintar dan menghitung jumlah tutup botol yang ada ditaman tersebut
Anak disuruh menunjukkan dan menyebutkan nama-nama hewan yang ada di taman pintar
Anak disuruh menghitung jumlah sedotan yang berada di gelas dan memasukkan hasil hitungan penjumlahan dalam bentuk bintang kedalam potongan botol aqua
Anak disuruh menghitung jumlah ikan yang ada dikolam dan menyebutkan apa saja manfaat ikan
Dalam Permainan ini mencakup 5 Aspek Perkembangan Anak yaitu
Fisik Motorik, Bahasa, Kognitif, Sosem dan Seni

Diposting oleh Rachmawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar